Biro Rektor Universitas Sumatera Utara (061)8214367 sirenbang@usu.ac.id

Wilbert Joe : Jangan Pernah Takut Gagal

MEDAN – HUMAS USU : Untuk meraih sukses, kita harus berani mengorbankan waktu, uang, saat bersantai dan juga kegiatan berkumpul bersama keluarga. Karena dengan melakukan pengorbanan itu maka kita dapat fokus meraih prestasi terbaik dan kesuksesan.

Joe bDemikian disampaikan Wilbert Joe, mahasiswa Fakultas Kedokteran USU, peraih Juara 1 Indonesian International Medical Olympiad 2019 dalam ajang USUtalk. Ia merupakan pembicara ketiga yang dihadirkan dalam peluncuran program baru USU tersebut. Materi yang disampaikannya bertajuk “Tips dan Trik Mempersiapkan Diri Menjadi Seorang Juara”.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai perjalanan meraih kesuksesan adalah dengan mengetahui apa yang kita inginkan. Setelah itu, tahapannya adalah menetapkan tujuan, membuat perencanaan, mulai bekerja, teguh dan fokus dan akhirnya meraih apa yang kita inginkan.

Joe a“Dalam hidup ini kunci sukses itu cuma satu; jangan takut gagal. Saat gagal, buatlah list kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut,” katanya.

Joe juga mengingatkan agar berhenti menunda apa yang bisa kita lakukan segera. Dengan demikian, kita akan mempersingkat waktu pengerjaan dan mempercepat waktu untuk mencapai apa yang kita inginkan. Ia juga mewanti-wanti untuk tidak kehilangan motivasi dan terus disiplin dalam mengerjakan sesuatu. Bisa jadi dalam perjalanannya akan ada distraction atau pengalihan, yang membuat kita lupa pada tujuan. Hal itu harus bisa diantisipasi dengan baik, sehingga kita tetap konsisten dengan perjalanan menuju pencapaian terbaik.

Joe c“Practise makes perfect. Berlatih secara teratur dan konsisten juga akan memberikan hasil terbaik dalam perlombaan yang ingin kita menangkan, ataupun menuju impian terbesar kita,” imbuhnya.

Tiga hal yang paling penting kita perhatikan adalah keseimbangan terhadap tiga hal, yang kerap disingkat dengan MKT, yaitu makan, konsentrasi dan tidur. Kegiatan olah jasmani juga jangan sampai diabaikan, karena kesehatan yang prima akan mampu memberikan stimulasi dan dorongan yang baik dalam seluruh kegiatan yang dijalani. (Humas)