USU Gelar Pelatihan Daring Pengisian Konten Website dan Editorial Penerbitan Artikel di OJS

MEDAN-HUMAS USU : Biro Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Universitas Sumatera Utara menggelar Pelatihan Daring Pengisian Konten Website dan Editorial Penerbitan Artikel di Open Journal System (OJS), yang dibuka oleh Wakil Rektor III USU Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan SSi, MSi, Apt, pada Kamis (12/8/2021). Pelatihan berlanjut pada tanggal 13, 26 dan 27 Agustus 2021.

Kegiatan tersebut menghadirkan 4 narasumber, yakni Ketua Tim TALENTA Publisher Prof Dr Eng Himsar Ambarita, ST, MT, Editor in Chief Journal of Sylva Indonesiana Dr Apri Heri Iswanto, SHut, MSi, Ainul Hizriadi, SKom, MSc (Tim TALENTA Publisher) dan Novinda Amri (Pusat Sistem Informasi USU). Pelatihan melalui zoom meeting tersebut diikuti oleh para pengelola jurnal di lingkungan USU. 

Prof Himsar membawakan materi tentang Rencana Strategis Pengelolaan Jurnal di USU, sementara Dr Apri lebih banyak memaparkan Sharing Experience Pengelolaan Jurnal. Adapun Ainul dan Novinda menjelaskan persoalan teknis editorial penerbitan artikel di OJS. 

Dalam keterangannya, Warek III USU menjelaskan, bahwa Universitas Sumatera Utara saat ini memiliki 48 jurnal, di mana terdapat 11 jurnal yang masih aktif. “Untuk itu kita menggelar kegiatan ini agar jurnal-jurnal yang lain meningkat, sehingga dapat mengejar akreditasi Science and Technology Index (SINTA) dan (Directory of Open Access Journals) DOAJ,” kata Dr Poppy.

berita.jpg

Dalam pemaparannya, Prof Himsar antara lain memaparkan tentang program kerja prioritas Rektor USU Dr Muryanto Amin, SSos, MSi, dalam periode 2021-2026 yang terdiri dari; kelembagaan dan tata kelola adaptif, adaptasi tugas tri darma, penataan infrastruktur, digitalisasi kampus, enterprise kampus dan kerja sama.

Adapun kebijakan yang diterapkan dalam tata kelola jurnal di USU mengacu dari Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah 2018 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. Di antaranya mengharuskan agar jurnal yang dikelola wajib berbasis online melalui Open Journal System (OJS) dengan memiliki e-ISSN. Selain itu jurnal yang dikelola menjadi wadah publikasi ilmiah bagi mahasiswa dan dosen USU, juga dosen luar USU, baik nasional dan internasional dengan melaksanakan ketentuan yang ditetapkan.

Strategi pengelolaan jurnal antara lain dengan melibatkan rekan sejawat pengelola harian yang dapat bekerja secara tim dengan komitman tinggi untuk mengelola penerbitan jurnal, meningkatkan mitra kerja sama untuk memenuhi diversity terbitan jurnal, setiap reviewer berikan penghargaan berupa sertifikat review setelah proses review selesai dilakukan. Sertifikat yang diterbitkan USU berdasarkan data dari pengelola jurnal. Juga dengan melibatkan rekan sejawat/peneliti dari berbagai institusi luar USU baik dari dalam maupun luar negeri sebagai bagian dari tim editorial. Strategi yang tak kalah pentingnya adalah dengan menggunakan pedoman akreditasi jurnal, indekasi Scopus/DOAJ dalam mengelola penerbitan jurnal.

“USU memberikan program stimulus pengelolaan jurnal yang memenuhi kriteria sesuai peraturan rektor USU dan pedoman USU pada saat publikasi telah diterbitkan,” tandas PRof Himsar di pengujung pemaparannya. (RJ)

Sumber: usu.ac.id

Kontributor: Renny Julia Harahap