Perpus USU Bedah Buku Dr Edy Ikhsan

Menunjukkan bentuk kecintaannya kepada suku Melayu, menjadi alasan Dr. Edy Ikhsan SH., MA menulis tentang Tanah Ulayat dan Pluralisme Hukum.

Perpus USU Bedah Buku Dr Edy Ikhsan
 

HUMAS USU - Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan acara bedah buku karya Wakil Rektor I Bidang Akdemik Kemahasiswaan, dan Kealumnian USU Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., yang berjudul Konflik Tanah Ulayat dan Pluralisme Hukum. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang The Gade Creative Longue Perpustakaan USU Selasa, (17/08/2022).

Menunjukkan bentuk kecintaannya kepada suku Melayu, menjadi alasan Dr. Edy Ikhsan SH., MA menulis tentang Tanah Ulayat dan Pluralisme Hukum. Ia terinspirasi setelah melakukan studi arsip di Belanda. Dalam studinya, WR I menemukan sedikit banyak data sejarah yang dapat didiskusikan ulang berkaitan dengan tanah melayu. “Sebenarnya yang itu terinspirasi ketika melakukan studi arsip di negeri Belanda,” katanya.

WR I mengatakan tulisan tersebut ia tulis bertujuan untuk menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan kondisi yang dialami orang-orang Melayu. “Yang pertama adalah untuk menyebarluaskan informasi yang ada di buku sehingga lebih banyak orang tercerahkan berkaitan dengan kondisi yang dialami orang-orang Melayu,” ujar Edy Ikhsan. Menurut WR I, kegiatan bedah buku merupakan kegiatan akademik yang menarik. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh dosen tapi juga kepada mahasiswa. Hal tersebut dapat terjadi selama terdapat publikasi yang dapat disosialisasikan, dianalisis, dan dibedah oleh insan Civitas Akademika. “Sebetulnya ini adalah kegiatan yang menarik dan bedah buku adalah kegiatan akademik yang sangat penting yang memang itu tidak hanya dilakukan oleh dosen tapi juga mahasiswa,” tutur Edy Ikhsan. Sebagai tambahan informasi, pembedahan buku karya Dr. Edy Ikhsan, SH, MA dilakukan oleh Dr. Suprayitno, M. Hum dan Prof. Dr. OK. Saidin, SH., M.Hum.

 

Sumber usu.ac.id